3/01/2012

Upaya Agar Sehat Terhindar Dari Penyakit

http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Hidup-sehat-tanpa-stres.jpg

Salah satu yang sangat berharga di dalam kehidupan kita ialah Kesehatan. Uang menjadi tiada arti, jika kita sakit dan terus-menerus berobat karena penyakit. Seseorang bisa mendadak miskin seketika ketika jatuh sakit, mengingat ongkos berobat ke dokter sangat mahal. 

Jika demikian, maka jadilah dokter untuk diri sendiri seperti keluhan-keluhan ringan seperti meriang dan flu. Selama tidak ada komplikasi atau riwayat penyakit serius, keluhan-keluhan ringan seperti itu umumnya akan sembuh dengan sendirinya. 

Banyak yang bisa dilakukan untuk mempercepat kesembuhannya, namun perlu diingat jika dalam beberapa hari tidak sembuh, maka sebaiknya tetap diperiksakan ke dokter. Bagaimana cara agar kita bisa tetap sehat dan mencegah penyakit yang datang? Berikut ini ada beberapa caranya, yaitu : 


1. Minum air putih sebanyak-banyaknya

Tubuh yang sedang sakit butuh cukup cairan untuk memerangi penyakit dan infeksi. Meski tidak suka, paksakan terus untuk minum dan jika perlu gunakan cairan elektrolit sebab rasanya yang lebih variatif biasanya bisa mengatasi rasa eneg di perut.


2. Istirahatlah di tempat tidur

Pada saat sakit, gunakan seluruh cadangan energi untuk memerangi penyakit dan infeksi. Izin untuk tidak masuk kerja atau sekolah bukanlah kesempatan untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci dan mengepel rumah, tetapi manfaatkan untuk istirahat.


3. Obati gejala

Beberapa jenis obat-obatan seperti misalnya antibiotik hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Namun obat-obatan untuk mengatasi gejala banyak yang dijual bebas, sehingga bisa dibeli sendiri. Gunakan obat-obat bebas yang sesuai untuk mengatasi nyeri kepala, pegal-pegal, demam dan kalau ada alergi.


4. Mandi air hangat

Sentuhan air hangat di kulit membantu menjaga kecukupan cairan terutama di permukaan tubuh, sekaligus melancarkan peredaran darah karena air panas membuat pembuluh darah melebar. Mandi juga membuat badan lebih bersih dan bisa meredakan stres.


5. Sesedikit apapun, paksakan untuk tetap makan

Nafsu makan selalu berkurang saat sedang sakit, namun bukan berarti boleh tidak makan. Tubuh butuh bahan bakar, jadi jangan sampai tidak makan.


6. Tidur siang

Istirahat malam saja tidak cukup bagi orang yang seadng sakit. Secara teratur, matikan televisi dan perangkat elektronik lain termasuk ponsel di siang hari lalu tidurlah senyenyak mungkin.


7. Jaga kebersihan

Daya tahan tubuh yang menurun saat sakit sering membuat orang terinfeksi kuman baru, ketika penyakit yang lama sudah hampir sembuh. Untuk mencegah terjadinya infeksi baru, pastikan saran klasik namun sangat berguna yakni cuci tangan sebelum makan.


Selain usaha-usaha yang dilakukan di atas, yang terpenting adalah kita juga harus selalu berdoa agar Tuhan selalu senantiasa memberikan kesehatan jasmani dan rohani untuk kita semua. Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. ada yg salah tuh gem...

    masa harus minum sebanyak banyaknya ? ga baik tuh klo minum terlalu bnyk nti ginjal kita bisa rusak...

    kritik saya

    jangan lupa mampir di :
    www.professortau.blogspot.com

    ReplyDelete