4/02/2011

Sejarah Dan Pengertian sepakbola

Sejarah Sepakbola

Sepak bola merupakan olahraga yang dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Bukti ilmiah yang bisa didapat adalah adanya permainan semacam sepak bola di negeri Cina. Kala itu, dinasti Han melatih tentara menggunakan “tsu-chu” untuk latihan fisiknya, yaitu latihan menendang bola kulit memasukkan ke dalam jaring kecil yang diikatkan pada batang-batang bambu panjang. Pemain membidikkan bola ke dalam jaring kecil menggunakan kaki, dada, punggung, serta bahu sambil berusaha menahan serangan dari lawan.
Di Jepang dikenal pula permainan semacam “tsu-chu” sekitar 500 – 600 tahun kemudian yang bernama Kemari, meskipun tidak kompetitif seperti di Cina. Yunani dengan “episkyros”, Romawi (Italia) dengan “haspartum”, dan Perancis dengan “choule” bisa memperpanjang daftar yang membuktikan sepakbola adalah olah raga yang berusia sangat tua.
Ada dugaan bahwa orang-orang Romawi membawa permainan itu ke Inggris. Tapi masih disangsikan apakah haspartum merupakan pendahulu sepak bola yang sekarang dikenal ini, sebab penduduk Celtic di Cronwall juga sudah mengenal permainan yang serupa yang disebut “hurling”. Waktu itu jelas belum ada peraturan yang baku. Orang boleh bermain tanpa jumlah yang pasti dan bukan hanya kaki, tetapi tanganpun boleh ikut memainkan bola. Bahkan boleh menendang tulang kering serta membawa lari bola.
Banyak teori tentang siapa yang mula-mula melaksanakan permainan sepak bola ini, tetapi yang pasti, Inggrislah yang mulai menyempurnakan sehingga perkembangannya halus seperti sekarang ini. Prakarsanya di mulai pada tahun 1863, tepatnya pada tanggal 26 Oktober, ketika sebelas perkumpulan di London mengadakan pertemuan untuk menjernihkan kekacauan dengan membuat serangkaian peraturan fundamental untuk mengatur pertandingan-pertandingan selanjutnya. Pertemuan ini berhasil membentuk Football Association (FA) yang pertama walaupun berbuntut keluarnya kelompok Rugby dalam rapat karena menolak peraturan yang melarang penginjakan, penendangan tulang kering dan melarikan/membawa bola. Akhirnya pada tanggal 8 Desember 1863, Rugby resmi mengurdurkan diri dan keduanya berjalan sendiri-sendiri.
Setelah 6 tahun Football Association berjalan, permainan sepak bola semakin mendekati kesempurnaan, terutama setelah adanya keputusan yang melarang setiap pemegangan bola (bukan hanya melarikan). Di tahun kedelapannya (baca: FA), selain anggota yang bertambah menjadi 50 perkumpulan, kompetisi sepak bola yang pertama juga mulai digelar di bawah naungannya. Pertumbuhan sepak bola melaju begitu pesat di seantero jagat bahkan pada tahun 1879 sudah dikenal langkah-langkah sepakbola profesional di Darwin, yaitu dua pemainnya: John Love dan Fergus Suter, dilaporkan sebagai orang-orang pertama yang menerima bayaran dari bakatnya bermain sepakbola.
Setelah Football Association, segera menyusul di Nederland, the Scottisch FA (1873), The TA of Wales (1875), dan The Irish FA di Belfast, Selandia Baru (1891), Argentina (1893), Chili (1895), Swiss dan Belgia (1895) Italia (1898), Jerman dan Uruguay (1900), Hongaria (1901), dan Finlandia pada tahun 1907.
Pada tahun 1907, berdirilah Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) di Paris, Perancis atas prakarsa 7 negara, yaitu Perancis, Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia dan Swiss. Dari tujuh anggota berkembang menjadi 36 pada tahun 1925, dan setelah diselingi Perang Dunia II, FIFA sudah diikuti oleh 73 anggota pada perebutan Piala Dunia II. Saat ini FIFA mempunyai anggota sebanyak 146.300.000 klub, 200.000 di antaranya berada di Eropa dengan sekitar 680.000 tim dan 22 juta pemain yang aktif.
Karena peminat olahraga ini sangat banyak (bahkan terbanyak di seluruh dunia), maka pengembangan olahraga ini dilakukan sangat pesat agar bisa menjadi olahraga yang sempurna, tidak ada kecurangan dan frekuensi cedera pemain kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Karena ada yang bilang bahwa sepak bola adalah olahraga “teraman” ke-5.

PENGERTIAN SEPAK BOLA

Sepak bola
Sepak bola adalah salah satu olahraga yang sangat populer di dunia. Dalam pertandingan, olahraga ini dimainkan oleh dua kelompok berlawanan yang masing-masing berjuang untuk memasukkan bola ke gawang kelompok lawan. Masing-masing kelompok beranggotakan sebelas pemain, dan karenanya kelompok tersebut juga dinamakan kesebelasan.
Peraturan sepak bola
Peraturan resmi permainan sepak bola (Laws of the Game) Peraturan resmi sepak bola adalah:
• Peraturan 1: lapangan sepak bola
• Peraturan 2: Bola Sepak bola
• Peraturan 3: Jumlah Pemain
• Peraturan 4: Peralatan Pemain
• Peraturan 5: Wasit
• Peraturan 6: Asisten wasit
• Peraturan 7: Lama Permainan
• Peraturan 8: Memulai dan Memulai Kembali Permainan
• Peraturan 9: Bola Keluar dan di Dalam Lapangan
• Peraturan 10: Cara Mendapatkan Angka
• Peraturan 11: Offside
• Peraturan 12: Pelanggaran
• Peraturan 13: Tendangan Bebas
• Peraturan 14: Tendangan penalti
• Peraturan 15: Lemparan Dalam
• Peraturan 16: Tendangan Gawang
• Peraturan 17: Tendangan
1. Elemen contoh 2
2. Elemen contoh 3 Sudut
Selain peraturan-peraturan di atas, keputusan-keputusan Badan Asosiasi Sepak bola Internasional (IFAB) lainnya turut menambah peraturan dalam sepak bola. Peraturan-peraturan lengkapnya dapat ditemukan di situs web FIFA.
Tujuan permainan
Dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 orang bertarung untuk memasukkan sebuah bola bundar ke gawang lawan (“mencetak gol”). Tim yang mencetak lebih banyak gol adalah sang pemenang (biasanya dalam jangka waktu 90 menit, tetapi ada cara lainnya untuk menentukan pemenang jika hasilnya seri). akan diadakan pertambahan waktu 2x 15 menit dan apabila dalam pertambahan waktu hasilnya masih seri akan diadakan adu penalty yang setiap timnya akan diberikan lima kali kesempatan untuk menendang bola ke arah gawang dari titik penalty yang berada di dalam daerah kiper hingga hasilnya bisa ditentukan. Peraturan terpenting dalam mencapai tujuan ini adalah para pemain (kecuali penjaga gawang) tidak boleh menyentuh bola dengan tangan mereka selama masih dalam permainan.
Taktik Permainan
Taktik yang biasa dipakai oleh klub-klub sepak bola adalah sebagai berikut:
1. 4-4-2 (klasik: empat skipper)
2. 4-4-2 (dengan dua sayap)
3. 4-4-1-1
4. 4-2-4
5. 4-3-2-1
6. 4-3-1-2
7. 4-5-1
8. 4-3-3
9. 4-2-3-1
10. 4-3-3
11. 4-1-4-1
12. 3-4-3
13. 3-5-2 dengan libero
14. 3-5-2 tanpa libero
15. 3-6-1
16. 5-4-1
Taktik yang dipakai oleh sebuah tim selalu berubah tergantung dari kondisi yang terjadi selama permainan berlangsung. Pada intinya ada tiga taktik yang digunakan yaitu; Bertahan, Menyerang, dan Normal.
Ofisial
Sebuah pertandingan diperintah oleh seorang wasit yang mempunyai “wewenang penuh untuk menjalankan pertandingan sesuai Peraturan Permainan dalam suatu pertandingan yang telah diutuskan kepadanya” (Peraturan 5), dan keputusan-keputusan pertandingan yang dikeluarkannya dianggap sudah final. Sang wasit dibantu oleh dua orang asisten wasit (dulu dipanggil hakim/penjaga garis). Dalam banyak pertandingan wasit juga dibantu seorang ofisial keempat yang dapat menggantikan seorang ofisial lainnya jika diperlukan.selain itu juga mereka membutuhkan alat-alat untuk membantu jalannya petandingan seperti:
1. papan pengganti pemain
2. meja dan kursi
Tim
Setiap tim maksimal memiliki sebelas pemain, salah satunya haruslah penjaga gawang. Kadang-kadang ada peraturan kejuaraan yang mengharuskan jumlah minimum pemain dalam sebuah tim (biasanya delapan).
Sang penjaga gawang diperbolehkan untuk mengambil bola dengan tangan atau lengannya di dalam kotak penalti di depan gawangnya.
Pemain lainnya dalam kedua tim dilarang untuk memegang bola dengan tangan atau lengan mereka ketika bola masih dalam permainan, namun boleh menggunakan bagian tubuh lainnya. Pengecualian terhadap peraturan ini berlaku ketika bola ditendang keluar melewati garis dan lemparan dalam dilakukan untuk mengembalikan bola ke dalam permainan.
Sejumlah pemain (jumlahnya berbeda tergantung liga dan negara) dapat digantikan oleh pemain cadangan pada masa permainan. Alasan umum digantikannya seorang pemain termasuk cedera, keletihan, kekurangefektifan, perubahan taktik, atau untuk membuang sedikit waktu pada akhir sebuah pertandingan. Dalam pertandingan standar, pemain yang telah diganti tidak boleh kembali bermain dalam pertandingan tersebut.
Lapangan permainan
Ukuran lapangan standar
Lapangan yang digunakan biasanya adalah lapangan rumput yang berbentuk persegi empat. Dengan panjang 100-110 meter dan lebar 64-75 meter. Pada kedua sisi pendek, terdapat gawang sebesar 24 x 8 kaki, atau 7,32 x 2,44 meter.
Lama permainan
Lama permainan sepak bola normal adalah 2×45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit (kadang-kadang 10 menit). Jika kedudukan sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2×15 menit, hingga didapat pemenang, namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti.
Lama permainan standar
Sebuah pertandingan dewasa yang standar terdiri dari dua babak yang masing-masing sepanjang 45 menit. Umumnya terdapat masa istirahat 15 menit di antara kedua babak tersebut.
Perpanjangan waktu dan adu penalti
Kebanyakan pertandingan biasanya berakhir setelah kedua babak tersebut, dengan sebuah tim memenangkan pertandingan atau berakhir seri. Meskipun begitu, beberapa pertandingan, terutamanya yang memerlukan pemenang mengadakan babak tambahan yang disebut perpanjangan waktu kala pertandingan berakhir imbang: dua babak yang masing-masing sepanjang 15 menit dimainkan. Hingga belum lama ini, IFAB telah mencoba menggunakan beberapa bentuk dari sistem ‘sudden death’, namun mereka kini telah tidak digunakan.
Jika hasilnya masih imbang setelah perpanjangan waktu, beberapa kejuaraan mempergunakan adu penalti untuk menentukan sang pemenang. Ada juga kejuaraan lainnya yang mengharuskan pertandingan tersebut untuk diulangi.
Perlu diperhatikan bahwa gol yang dicetak sewaktu babak perpanjangan waktu ikut dihitung ke dalam hasil akhir, berbeda dari gol yang dihasilkan dari titik penalti yang hanya digunakan untuk menentukan pemenang pertandingan.
Wasit sebagai pengukur waktu resmi
Wasit yang memimpin pertandingan sejumlah 1 orang dan dibantu 2 orang sebagai hakim garis. Kemudian dibantu wasit cadangan yang membantu apabila terjadi pergantian pemain dan mengumumkan tambahan waktu. Pada Piala Dunia 2006, digunakan ofisial ke-lima.
Percobaan penggunaan gol emas dan gol perak
Lihat: Gol perak; Gol emas.
Pada akhir 1990-an, IFAB mencoba membuat pertandingan lebih mungkin berakhir tanpa memerlukan adu penalti, yang sering dianggap sebagai cara yang kurang tepat untuk mengakhiri pertandingan.
Contohnya adalah sistem gol perak yang mengakhiri pertandingan jika sebuah gol dicetak pada perpanjangan waktu pertama, dan gol emas yang mengakhiri pertandingan jika sebuah gol dicetak pada perpanjangan waktu kedua.
Kedua sistem ini telah dihentikan oleh IFAB.
Kejuaraan internasional besar
Kejuaraan internasional terbesar di sepak bola ialah Piala Dunia yang diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Football Association. Piala Dunia diadakan setiap empat tahun sekali. Lebih dari 190 timnas bertanding di turnamen kualifikasi regional untuk sebuah tempat di babak final. Turnamen babak final yang berlangsung selama empat minggu kini melibatkan 32 timnas (naik dari 24 pada tahun 1998).
Kejuaraan internasional yang besar di setiap benua adalah:
• Eropa: Piala Eropa atau dikenal dengan nama Euro
• Amerika Selatan: Copa América
• Afrika: Piala Afrika
• Asia: Piala Asia
• Amerika Utara: Piala Emas CONCACAF
• Oseania: Piala Oseania
Ajang tingkat klub terbesar di Eropa adalah Liga Champions, sementara di Amerika Selatan adalah Copa Libertadores. Di Asia, Liga Champions Asia adalah turnamen tingkat klub terbesar.
Sepak bola sudah dimainkan di Olimpiade sejak tahun 1900. (kecuali pada Olimpiade tahun 1932 di Los Angeles). Awalnya ini hanya untuk pemain-pemain amatir saja, namun sejak Olimpiade Los Angeles 1984 pemain profesional juga mulai ikut bermain, disertai peraturan yang mencegah negara-negara daripada memainkan tim terkuat mereka. Pada saat ini, turnamen Olimpiade untuk pria merupakan turnamen U-23 yang boleh ditamnbahi beberapa pemain di atas umur. Akibatnya, turnamen ini tidak mempunyai kepentingan internasional dan prestise yang sama dengan Piala Dunia, atau bahkan dengan Euro, Copa America atau Piala Afrika.
Sebaliknya, turnamen Olimpiade untuk wanita membawa prestise yang hampir sama seperti Piala Dunia Wanita FIFA; turnamen tersebut dimainkan oleh tim-tim internasional yang lengkap tanpa batasan umur.



40 comments:

  1. PROMO NEW MEMBER 20%

    Duta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg menyediakan jasa layanan guna pembukaan akun permainan judi atau taruhan online kepada anda di duta judi online yg berperingkat International, legal dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Sbg Duta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn industri Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang presiden Isle of Man untuk beroperasi yang merupakan juru taruhan sport sedunia.

    https://agenzeus.net/tips-strategi-cara-bermain-permainan-poker-remi-online/
    https://agenzeus.net/taktik-cara-bermain-permainan-red-white-atau-merah-putih/
    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-roulette/

    Ayo daftar sekarang di AgenZeus.net

    ReplyDelete
  2. PROMO NEW MEMBER 15%

    DewaZeus merupakan partner dari situs ZeusBola, yg merupakan master bandar bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di DewaZeus.

    Sbg Duta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh presiden Isle of Man terhadap beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://dewazeus.pw/tag/ayam-pilipin/
    https://dewazeus.pw/deposit-via-pulsa/

    Ayo main sekarang di dewazeus.pw

    ReplyDelete
  3. ===> BONUS NEW MEMBER <===

    DONACOPOKER adalah online web judi kartu online Indonesia paling terpercaya dan resmi dalam menyediakan game judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan yang merupakan situs Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa bermain dengan para pemain dari seluruh kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di agen poker online.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
    artikel poker

    Ayo join sekarang di DonacoPoker.net

    ReplyDelete
  4. BOSAN KALAH MULU ? SEGERA GESER KE http://zeusbola.win/

    MINIMAL DEPOSIT YANG SANGAT TERJANGKAU, MENYEDIAKAN BERBAGAI FASILITAS DIDALAMNYA

    • Permainan Terlengkap & FairPlay

    • Layanan Customer Service Online 24Jam nonstop

    • Pelayanan Super Ramah, Profesional, Teraman & Fast Respon

    • Menerima Deposit Via All Bank Lokal Indonesia

    • Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL ( Rate Tertinggi Dari Agen Lain )

    • Menerima Deposit Via Ovo

    • Berapapun Kemenangan Anda Di Bayar Tuntas !

    • Pendaftaran Free!!

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Link Alternatif : WWW(.)ZEUSBOLA(.)WIN
    LINE : zeusbola
    Whatsap : 0813-3355-2228
    BBM : BOLAZEUS

    ReplyDelete
  5. CemePoker - Agen Poker Deposit Pulsa
    Dengan Rate Tukar Pulsa Tertinggi
    Bisa Deposit via OVO Juga
    Dapatkan Bonus Langsung Disini
    Pendaftaran : http://cemepoker.info

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333552227

    DEPOSIT POKER ONLINE VIA OVO PAY

    ReplyDelete
  6. Belum Pernah Menang Di Agen Poker Manapun?? Jangan Kecewa..Yuk cobain Donaco Poker...
    Permainan Boleh Sama..Hokinya Beda Boss...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  7. Sambut Bulan Desember dengan Hoki...Dapatkan Bonus freechip dari Donaco Poker GRATISS !!
    Mau tau caranya???
    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  8. DEPOSIT BISA VIA OVO!

    Perizinan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang sediakan jasa pelayanan kepada permulaan akun permainan judi atau taruhan online bagi anda di perwakilan judi online yang berderajat International, legal dan terpercaya hanya di poker pulsa.

    Sebagai Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man kepada beroperasi yang merupakan juru taruhan olahraga sedunia.


    https://bolazeus.site/2018/12/28/situs-agen-taruhan-sabung-ayam-s128-deposit-pulsa-termurah/
    https://bolazeus.site/2018/12/27/link-alternatif-s128-deposit-pulsa-sabung-ayam-online/
    https://bolazeus.site/2018/12/26/panduan-judi-deposit-pulsa-telkomsel-teraman/
    https://bolazeus.site/2018/12/26/cara-memilih-agen-poker-deposit-via-pulsa/

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    zeus77.net
    alternatif zeusbola

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    ReplyDelete
  9. Winning303
    Memberikan Permainan Poker Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!

    Dapatkan Kemudahan Dengan Deposit Via Pulsa..Bermain Tanpa Ribet...
    Proses Cepat dan Aman...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: 087785425244

    ReplyDelete
  10. Apakah sudah cek kabar terbaru mengenai judi poker online? Coba anda luangkan waktu untuk menbaca informasi terbaru, para pemain judi IDN Poker online, cek aplikasi kalian masing – masing sekarang juga.

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan

    * Turnamen Poker Online Berhadiah 1 Miliar
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    http://165.22.51.220/
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    ReplyDelete
  11. BONUS 10% EVERY DAY!

    Agen Poker pulsa Terpercaya Di Indonesia, letak badal Judi Online menjagokan pulsa yakni sebangun gembong judi yang memajukan pergelaran poker online pada kala ini sudah sekali gampang degnan datangnya tontonan ini judi online sedimen dengan pulsa fasilitas dalam tengil disebuah permainan poker online yang boleh kita jumpai masa ini memang buah terbit kian bertumbuhnya masa dan teknologi kala ini didalam pementasan cagaran online. Karena hanya memajukan pulsa laksana hartakekayaan endapan atraksi di judi via pulsa online, anggota sudah mengulurkan kesempatan yang lebar berkelakuan dan memboyong permainan.

    Beraksi menelantarkan pulsa didalam pergelaran poker online jelasnya emang bakal kian meremehkan pemain kala kalian mengerjakan pergelaran rungguhan online. Menurut datangnya sedimen dengan pulsa maka pemain akan dapat dengan enteng bernas sok dan berprofesi jagoan didalam semacam pementasan poker. Tontonan poker online deposit dengan pulsa jelasnya hendak menggabai sebagian kegunaan bersandiwara yang cakap berwujud pulsa hanya atau berupa uang berlaku didalam serupa atraksi poker online.

    BACA JUGA:

    poker via pulsa
    dominoqq pulsa
    poker depo via pulsa


    Ayo daftar sekarang hanya di ZeusBola

    ReplyDelete
  12. Ingin dapat menikmati berbagai permainan judi online dengen e-money belakangan ini memang sedang viral saat ini. Berbagai media transaksi via e-money memang telah menjamah ke dunia perjudian online agar mempermudah para penggunanya bertransaksi. Mempermudah transaksi menjadi salah satu, keunggulan setiap Agen Poker Deposit Telkomsel 15rb di Indonesia.

    Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
    - Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
    - Ovo
    - Gopay
    - Dana
    - Linkaja
    - Pulsa

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online

    Judi Perang Baccarat Pakai OVO
    Situs Kartu Online Server PokerV Games Bersama Agen Terbaik

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    ReplyDelete
  13. Winning303
    Memberikan Permainan Poker Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!

    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA:+6287785425244

    ReplyDelete
  14. Bergabung sekarang dengan Agens128 ^^
    Penasaran klik link dibawah ini sekarang juga!! daftar free
    Jadilah jutawan bersama Agens128!!
    POKER ONLINE
    Sabung Ayam Online
    link alternatif sbobet
    ICETUNA
    Sabung Ayam Online
    login sabung ayam
    login sabung ayam s128
    sabung ayam s128
    link sbobet
    mesin slot
    link sbobet
    s1288
    link alternatif sbobet
    link alternatif sbobet 2020
    Sabung Ayam Bangkok
    Info lebih lanjut bisa hubungi contact di bawah ini :
    Fast Respon WA : 085222555128

    ReplyDelete
  15. Pokervita Agen Judi Domino99 Pulsa Resmi Yang Melayani Penggemar Judi Domino QQ DI Indonesia. Hanya Dengan Deposit Sebesar IDR 10.000 Pemain Dapat Menikmati Judi Domino QQ Via Pulsa, Dana, Linkaja, OVO, GoPay Dan Semua Bank Lokal Indonesia.

    Kami Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
    - Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
    - Ovo
    - Gopay
    - Dana
    - Linkaja
    - Pulsa

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Texas Holdem Poker
    Judi Poker Online
    Bandar Sakong Online

    Judi Kartu Gaple Domino Pulsa
    Permainan Situs Domino QQ
    Daftar Judi Bandar66 Deposit Pulsa Terpercaya 2020

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    ReplyDelete
  16. Dapatkan Penghasilan Tambahan Disini..
    Donaco Poker.. Agen Terpercaya dan Teraman..
    Kemenangan besar bisa di dapatkan...

    Cukup Deposit 10rb anda bisa dapatkan semuanya...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  17. Winning303

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!

    Tersedia Banyak Permainan :
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA:+6287785425244

    ReplyDelete
  18. Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS


    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Sabung Ayam
    5. Poker IG

    Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,7%
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA:+6287785425244

    ReplyDelete
  19. Pasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!
    Sabung ayam
    daftar bisa langsung ke:
    LINE : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    ReplyDelete
  20. ZeusBola - Main Sabung Ayam S128 Live
    Menerima Deposit via Pulsa dan E-money
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun
    Bonus Hingga 5 Juta Rupiah
    Pendaftaran : http://zeusbola.vip

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Jadwal S128 Sabung Ayam Online 16 Juli 2020

    ReplyDelete
  21. AGENS128 Situs Judi Online Terpopuler di Indonesia
    Nikmati Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan XL dan TELKOMSEL
    Minimal Deposit Pulsa Tanpa Potongan = Rp 50.000,-

    daftar bisa langsung ke:
    WhatsApp : 085222555128

    ReplyDelete
  22. SITUS SLOT & SABUNG AYAM ONLINE TERPERCAYA 2021 PROMO TERBARU DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    Bingung memilih agen online terpercaya??
    Gabung sekarang di MBO128 AGEN online terpercaya
    BONUS NEW MEMBER 15%
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    ReplyDelete
  23. SITUS SLOT, CASINO & SABUNG AYAM 2021 TERPERCAYA PROMO DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    Banyak jackpot Menanti Anda !
    Gabung sekarang di MBO128 AGEN online terpercaya
    BONUS NEW MEMBER 15%
    Bonus Harian 10%
    Minimal Dp 10Rb
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    Transaksi bisa dilakukan melalui Via :

    • PULSA ( Telkomsel , XL / Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

    • BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

    • E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

    ReplyDelete
  24. Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook / SBOBET
    2. Live Casino / Baccarat live sexy
    3. Slot Online / Slot JOKER
    4. Sabung Ayam S128 / sv388
    5. Poker IG / Poker IDN POKER

    Klik ====>demo jokerslot

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,5 %
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : Winning303,me (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    ReplyDelete
  25. SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    👑 www,MBO128,club 👑

    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :
    EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDER
    BONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!
    LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128

    ReplyDelete
  26. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 11 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    11 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull
    * Capsa Susun (New Versi)
    * QQ Spirit

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Poker Online Pulsa

    situs poker online terpercaya

    ReplyDelete
  27. Hot Fiesta adalah slot yang memberikan kita pengalaman bermain games yang cukup mendasar dalam soal pilihan fitur, tapi walau variasinya kecil, kita jangan menyepelekan potensi penuhnya. Fitur yang dapat Anda ikuti adalah Wild Symbol, Free Spins, Ante Bet dan Bonus Buy. Silahkan cari info lambang apa yang dapat Anda saksikan sepanjang perputaran.Review Slot Hot Fiesta Dari Pragmatic Play

    ReplyDelete
  28. Tidak ada Bonus WIN STREAK di agent lama anda?
    Mau bonus WIN STREAK dalam permainan Sabung ayam

    Yuk join bersama kami di BOLAVITA
    Agent sabung ayam dengan Bonus WIN STREAK

    Info hub
    WA:0812 2222 995

    ReplyDelete
  29. ZEUSBOLA adalah Situs Judi Online Terlengkap dan Memiliki Ribuan Permainan Slot Online dan Games Online Lain nya, Hanya dengan Menggunakan 1 User ID, Anda bisa Bermain Ribuan Permainan yang Tersediah, Dengan Bonus Promosi Terbesar dan Event Hadiah Terbesar.

    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA DENGAN PERMAIANAN LENGKAP :
    ▶️TOGEL
    ▶️LIVE GAME
    ▶️LIVE CASINO
    ▶️TEMBAK IKAN
    ▶️DINGDONG
    ▶️SPORTBOOKS
    ▶️SABUNG AYAM
    ▶️BOLA TANGKAS
    ▶️TEMBAK IKAN
    ▶️SLOT PROVIDER TERBAIK

    �� TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA ,PULSA (TSEL,XL,AXIS) TAMPA POTONGAN!

    dengan minimal deposit 25 rb
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607
    ☎️ Link Whatsapp : https://zeusbo.la/whatsapp

    Daftarkan diri Anda https://zeusbola19.com/registerv

    ReplyDelete
  30. Dapatkan iphone dan hadiah menarik lainnya hanya di ZEUSBOLA dengan melakukan turn over atau roll over sebanyak-banyaknya

    Bonus tingkatan level sebagai berikut :
    BRONZE CREDIT : 25.000
    SILVER CREDIT : 400.000
    GOLD CREDIT : 2.000.000
    DIAMOND CREDIT : IPHONE X (NEW)
    PLATINUM CREDIT : IPHONE 11 PRO MAX (NEW)
    VIP ITEM : CBR 250RR ABS RACING RED (NEW)

    Contact Resmi ZEUSBOLA / ZEUSTOTO :
    CS Whatsapp I : (+62) 822 7710 4607
    CS Whatsapp II: (+62) 831 7602 1706
    SIGNAL : (+62) 822 7710 4607
    Telegram : (+62) 813 3355 5996 ( @zeusbola )
    Line : zeusbola
    Follow IG : zeusbola
    Follow Twitter : @SlotZeuspulsa
    Follow TIKTOK : @zeusbola1.com

    Di Add contact resmi kami ya pak :)
    Agar lebih mudah berkomunikasi ya pak, Contact kami online 24jam ya pak ..
    Terimakasih ^^

    ReplyDelete
  31. BONUS NEW MEMBER DEPOSIT 15%

    ZEUSBOLA MEMBERIKAN PROMO BONUS NEW MEMBER DEPOSIT 15% UNTUK SELURUH GAME YANG TERSEDIA DI ZEUSBOLA (SPORTS,LIVE CASINO, SLOTS,IDNLIVE)

    Dengan minimal deposit 100.000 dan maksimal bonus yang didapatkan 1.000.0000

    AYO BURUAN BERGABUNG MENJADI MEMBER ZEUSBOLA
    WhatsApp :082277104607

    ReplyDelete
  32. Slot Online Deposit Ovo merupakan slot online yang bisa melakukan pendaftaran menggunakan slot ovo dapat di claim bonus slot deposit ovo claim bonus slot online terbesar seindonesia

    Permainan yang sangat di minati saat ini
    *GAME ON'FIRE :
    ION CASINO | ION SLOT | 9GAMING | BALAP PLAY | PRAGMATIC PLAY | SLOT88 | LIVE22 | GIOCO PLUS

    BONUS TERBESAR DI SLOT ONLINE DEPOSIT OVO
    Nikmati Slot Bonus Terbaru ..
    - Casino Slot New Member 15% ( 50RB CLAIM )
    - Casino Slot New Memner 50% ( 20RB CLAIM )
    - Casino Slot New Member 100% ( 20RB CLAIM )
    - Bonus Deposit Setiap Hari ( 2x CLAIM )
    - Bonus FreeSpin Setiap Hari !!

    Masih banyak Bonus bonus yang dapat di claim permainan apa saja karena itu semua bebas bonus yang di sukai tentu nya ..
    bisa claim bonus menggunakan pulsa mau pun e-wallet

    Memiliki permainan slot online ovo terlengkap
    Daftar slot online deposit ovo dengan 1 user id sudah bisa bermain ke semua permainan Slot Online. Dapatkan Bonus Terbesar Menarik Lainnya..

    Pendaftaran Slot Online Deposit Ovo Aman dan Terpercaya
    Slot ovo
    Slot online ovo
    Slot online deposit ovo

    Kontak yang aktif saat ini
    Whatsapp : +6281321524689

    ReplyDelete
  33. mau keuntungan besar tapi dengan modal kecil?
    mari cek yuk ke zeusbola
    zeusbola adalah situs bandar judi online terbesar dan terpopuler di indonesia. zeusbola juga menyediakan berbagai macam game menarik, salah satu nya adalah sabung ayam

    BONUS 100% 7X WIN Permainan Sabung Ayam Online S1288 Digmaan & SV388
    Zeusbola Selain Menyediakan Permainan Slot Online Juga Menyediakan Sabung Ayam S1288 Digmaan & SV388
    Minimal bet per match adalah 20ribu.-
    Boleh melakukan bet pada sisi Meron, Wala, BDD dan FTD.
    Bonus yang diberikan adalah total kalkulasi dari 7 partai beruntun yang menang tersebut dengan aturan harus di dalam satu arena.
    Contoh :
    • Bet match no 1 RP.500.000,- Arena ME4 Menang (Wala)
    • Bet match no 2 RP.700.000,- Arena ME4 Menang (Wala)
    • Bet match no 3 RP.200.000,- Arena ME4 Menang (Meron)
    • Bet match no 4 RP.400.000,- Arena ME4 Menang (Meron)
    • Bet match no 5 RP.400.000,- Arena ME4 Menang (Meron)
    • Bet match no 6 RP.900.000,- Arena ME4 Menang (Wala)
    • Bet match no 7 RP.250.000,- Arena ME4 Menang (Meron)
    Total Kemenangan adalah RP.3.350.000,- hadiah yang berhak didapat
    ♣fast respon♣
    ♣cs online 24 jam♣
    untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi cs kami :
    +62 822-7710-4607






    ReplyDelete
  34. BOSAN KALAH MELULUH ? YUK COBA DULU DI BOLAVITA ^^

    Dengan minimal deposit yang cukup terjangkau, menyediakan berbagai permainan dan fasilitas didalamnya !!

    BENEFIT dalam Pelayanan, Bonus, Hadiah dan Sistem :
    => Pendaftaran Bebas Biaya (FREE)
    => BONUS NEW MEMBER 10%
    => BONUS REFFERAL 10% TANPA BIAYA / DEPOSIT
    => 100% Member Vs Member
    => Pelayanan DP & WD 24 jam
    => Bisa Dimainkan Di Hp Android Maupun Iphone
    => Dilayani Dengan 6 Bank Terbaik
    => Kartu Bagus, Boleh Banding !! Service Boleh TANDING.. !!

    HADIAH DAN DISKON TOGEL :
    {HADIAH TOGEL}
    4D x 3000
    3D x 400
    2D x 70

    {DISKON TOGEL}
    4D = 66%
    3D = 59,25%
    2D = 29,25%

    TERSEDIA DEPOSIT VIA PULSA ( XL & TELKOMSEL )

    TERSEDIA DEPOSIT VIA OVO, LINK AJA, GO-PAY, JENIUS dan DANA.

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    ✔ INSTAGRAM : @bola.vita
    ✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc

    ReplyDelete
  35. Dapatkan promo judi pulsa online tanpa potongan hanya di Pokervita

    REGISTER

    Mari tunggu apalagi kawan join GRATIS

    Info hub
    WA:0812 2222 996

    ReplyDelete
  36. PROMO PULSA TANPA POTONGAN
    ZEUSBOLA SOLUSINYA....
    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA.
    TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA
    AJAK TEMANMU DAN DAPATKAN BONUS REFFERALNYA..
    MELAYANI 24JAM LOH..
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    ReplyDelete
  37. 50 rb jadi jutawan tunngu apala lagi
    silahan regis dan buktikan sendri ^^
    sudah banyak member2 yg merasakan nya
    New member 10%
    sialhkan hub : WA : +62812-1495-2061

    ReplyDelete