3/10/2011

cara menyembunyikan buku tamu

Barusan ngeliat cbox blog ini ternyata ada yang nanya gini nih :
                           
                                "aci: tah nu ieu kumaha, cara bikin na"

Nah lho, saya ini orang Bengkulu (Sumatra) yang numpang hidup di Solo (Jawa Tengah) lha itu bahasa Sunda kira-kira artinya apa ya?? kalo saya tebak-tebak kayaknya sih si "aci" (yang gak ninggalin jejak apapun) nanya gimana cara bikin tuh "Buku Tamu" yang disembunyiin di pojok. Fungsinya tentu agar blog kita tidak terlihat terlalu rame dan berantakan seperti blog saya ini yang mulai membuat saya bingung mau ditata kayak gimana. Okelah saya bagi, cara ini saya dapatkan dari sobat Yudhaime's Blog yang pinternya bukan main. Caranya gampang, cuma gini doank kok :

  • Login dulu di blogger.
  • Kalo udah, siapkan kode Cbox ato Shoutbox kamu.
  • Kemudian silahkan copas kode berikut ini :
<style type="text/css">
#gb{
position:fixed;
top:50px;
z-index:+1000;
}
* html #gb{position:relative;}

.gbtab{
height:100px;
width:30px;
float:left;
cursor:pointer;
background:url('http://lh4.ggpht.com/_jn57XA2jLxY/SmCHl1YEsxI/AAAAAAAAAXQ/HshHClEVcvY/tabs.png') no-repeat;
}
.gbcontent{
float:left;
border:2px solid #A5BD51;
background:#F5F5F5;
padding:10px;
}
</style>

<script type="text/javascript">
function showHideGB(){
var gb = document.getElementById("gb");
var w = gb.offsetWidth;
gb.opened ? moveGB(0, 30-w) : moveGB(20-w, 0);
gb.opened = !gb.opened;
}
function moveGB(x0, xf){
var gb = document.getElementById("gb");
var dx = Math.abs(x0-xf) > 10 ? 5 : 1;
var dir = xf>x0 ? 1 : -1;
var x = x0 + dx * dir;
gb.style.right = x.toString() + "px";
if(x0!=xf){setTimeout("moveGB("+x+", "+xf+")", 10);}
}
</script>

<div id="gb">

<div class="gbtab" onclick="showHideGB()"> </div>

<div class="gbcontent">
Taruh kode HTML BUKU TAMU (SHOUTBOX/C-BOX) kamu disini
<br /><a href="" title="">Yudhaime's Site</a><br />
<div style="text-align:right">
<a href="">
</a>|<a href="javascript:showHideGB()">
[tutup]
</a>
</div>

</div>



<script type="text/javascript">
var gb = document.getElementById("gb");
gb.style.right = (30-gb.offsetWidth).toString() + "px";
</script></div>

  • Pada tulisan yang berwarna merah silahkan diganti dengan kode HTML buku tamu (Cbox atau Shoutbox) kamu.
  • Kalo udah, masukkan ke box "Auto Instal" di bawah lalu klik "Instal ke Blog".
  • Setelah masuk ke jendela baru (Add-Widget) klik "Menambah Widget".
  • Saya berhasil menggunakan cara ini, semoga anda juga, kalo ada masalah atau kekurangan pada tulisan ini silahkan kritik saya dibawah ya..Semoga Bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment