7/15/2014

Kehilangan Barang Di Indonesia



Sobat Gemby pernah kehilangan barang? ya, saya rasa semua orang pernah mengalami kehilangan, baik benda yang bernilai tinggi atau yang bernilai rendah.

kali ini Gemby Blog akan sedikit bercerita mengenai kehilangan barang di Indonesia, karena saya sendiri juga dari Indonesia dan belum pernah keluar negeri, maka saya hanya akan bercerita tentang kehilangan barang di negeriku ini, Indonesia. oh iya artikel ini dibuat bukan untuk menjelekan atau membuat pandangan buruk tentang Indonesia, artikel ini dibuat agar masyarakat sadar akan hal penting yang tidak boleh kita lupakan.

Kehilangan suatu barang dan barang tidak kembali adalah hal yang sangat lumrah di Indonesia.
Selama orang yang menemukan barang tidak mengenal orang yang mempunyai barang, kemungkinan besar barang tersebut tidak akan kembali. Berdasarkan pengalaman dan penelitian saya pribadi, sadar atau tidak sadar kebanyakan masyarakat di Indonesia ketika menemukan suatu barang dalam posisi dia sendiri atau tidak ada yang mengakui kepemilikan barang tersebut, maka sudah ada budaya, "Siapa yang menemukan dialah yang punya!".

Tetapi tidak semua orang juga loh, yang mempunyai budaya dan beranggapan buruk seperti itu di Indonesia, ada juga orang-orang yang baik yang mau mengembalikan barang temuannya, biar jarang juga sih menemukan orang yang sebaik ini, tetapi tetap saja ada, karena setiap ada kejahatatan pasti ada sebuah kebaikan. seperti kata pepatah, "Didalam kegelapan selalu ada setitik cahaya".

Bagi saya pribadi, menemukan barang dan tidak mengembalikan barang tersebut itu sangatlah tidak Gentle, sangat tidak berkeperimanusiaan sekali, jika tidak mengetahui siapa yang punya, setidaknya buat pengumuman atau mengusahakan untuk melaporkannya dan memberikan barang tersebut ke petugas setempat, atau ke tempat yang berwajib (pos polisi). Dan juga bagi yang merasa kehilangan jangan diam saja, segera laporkan!.

Emang sih sistem keamanan di Indonesia belum sampai yang seperti ini, dimana di pos polisi ada petugas yang di siapkan untuk mengurus perihal penemuan barang dan tata cara melaporkan kehilangan barang. mungkin sudah ada(?) entahlah, sepengetahuan saya di Indonesia belum ada. oh iya seharusnya juga undang undang tentang hal tersebut dibuat juga.

"mungkin gak efektif juga sih buat sistem seperti ini karena ini di Indonesia ?
 Saran saya sih yaa.. jangan berpikir ke hal negatif dulu, coba saja dulu karena gak ada hal yang dapat merubah kebiasaan dengan waktu yang singkat, perubahan kebiasaan membutuhkan proses yang panjang, percayalah! Indonesia pasti bisa menjadi negara yang lebih aman! dimana kita tidak perlu terlalu merasa cemas, dan tidak selalu yasudahlah saja ketika kehilangan, dimana ada dukungan dan kepedulian atas keamanan masyarakatnya dari pemerintah dengan membuat sistem atau gagasan-gagasan yang dapat mengatur dan membuat Indonesia menjadi semakin lebih baik lagi.

Ngomong-ngomong saya buat saran buat siapa ya? ya mudah mudahan ada petugas pemerintahan yang baca, hahaha... XD
 
Nah saran saya buat teman teman yang sudah baca, mengambil barang orang lain itu tidaklah baik, kita harus Gentle! jadilah seseorang yang mempunyai etika dan berhati mulia.

 karena sesungguhnya ketika kita mengalami kehilangan barang berharga atau apapun pasti rasanya sangatlah menyakitkan, maka jangan melukai orang lain dengan prilaku yang tidak baik, Lakukanlah segala hal dengan prinsip kebaikan, insyaallah  kebaikan yang kita lakukan akan menciptakan pintu kebaikan-kebaikan lainnya yang baru untuk kita dimasa mendatang.



Reactions:

0 comments:

Post a Comment