6/28/2014

Sikap Yang Baik Ketika Pertamakali Masuk Kerja

Hari pertama kerja merupakan hari yang sangat mendebarkan bagi hampir semua orang, entah itu memang hari pertama kali dia bekerja setelah menyelesaikan study atau hari pertama bekerja dikantor yang baru. Saat memasuki hari pertama kerja, berbagai macam perasaan seperti senang, antusias, khawatir, takut, bahkan nervous sekalipun, bercampur aduk menjadi satu. Tentunya kita juga akan membayangkan bagaimana lingkungan kerjanya, rekan-rekan kerja dan atasan di kantor nantinya. Hal ini wajar terjadi pada hari pertama bekerja. Namun, alangkah baiknya jika kita tidak terus menerus menebak-nebak apa yang akan terjadi, biarkan mengalir sendiri seperti air.

1. JANGAN LUPA BERDO'A
Ini yang paling utama dan pertama yang harus dilakukan sebelum berangkat, jangan lupa untuk mengawali setiap aktivitas dengan berdo’a, memohon kepada Tuhan agar semuanya lancar dan sesuai dengan harapan. Dengan mendekatkan diri pada Tuhan lewat do’a juga bisa menambah kepercayaan diri anda

2. JANGAN DATANG TERLAMBAT
Apapun alasannya, jangan sampai anda datang terlambat pada hari pertama kerja, jika anda berada disuatu daerah yang baru, usahakan untuk mempelajari rute perjalanan sebelum hari H, usahakan untuk menemukan rute tercepat dan terbaik untuk sampai ke tempat kerja

3. GUNAKAN PAKAIAN TERBAIK
Biasanya ketika pertama kali masuk kerja seseorang belum memiliki seragam kantor, untuk itu sebaiknya anda mempersiapkan pakaian terbaik yang anda punya untuk dipakai pada hari pertama kerja, mulai dari baju, celana, sepatu, tas, hingga aksesoris lainnya. Pakaian yang nyaman akan membuat anda percaya diri dan terlihat profesional.

4. SOSIALISASI DAN KENALI LINGKUNGAN KERJA
Umumnya atasan akan memperkenalkan anda kepada rekan kerja, namun jika tidak, ambil inisiatif sendiri untuk memperkenalkan diri kepada mereka, dan jangan ragu untuk bertanya apa peran mereka di kantor tersebut. Memahami cara kerja dan pekerjaan yang harus dilakukan juga penting. Dengan begitu dapat memudahkan anda meraih prestasi yang baik dalam pekerjaan. usahakan untuk cepat menghafal nama dan apa pekerjaan dari rekan kerja anda. Usahakan pula untuk cepat mengetahui semua ruangan yang ada dikantor anda, misalnya toilet, kantin atau ruang rapat.

5. HINDARI RASA GUGUP
Meskipun sulit untuk menghilangkan rasa gugup, sebaiknya usahakan untuk terlihat tenang dan santai. Rasa gugup yang berlebihan hanya akan membuat anda semakin tidak fokus dalam menghadapi lingkungan dan tugas yang baru.

6. TETAP TERSENYUM
Senyum tulus akan membuat orang merasa senang, meskipun anda belum terlalu mengenalnya. Bersikaplah ramah dalam lingkungan yang baru anda hadapi. Pasalnya, ketika anda tersenyum, anda akan diasumsikan sebagai orang yang menyenangkan sehingga bukan tidak mungkin orang-orang akan datang untuk berteman dengan anda dan akan mencoba membuat anda nyaman di lingkungan baru. Tak ada salahnya juga jika anda menyapa setiap orang yang berjalan melalui meja kerja anda dengan senyuman.

7. SABAR
Salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan yaitu sabar. Jadi anda perlu sabar dalam menyesuaikan diri dengan situasi pekerjaan di kantor baru. anda juga perlu berusaha untuk terus berpikiran positif. Hal ini penting diterapkan agar segala ketegangan yang dirasakan bisa hilang. Kadang teman kerja juga iseng terhadap karyawan baru, jadi siapkan kesabaran dalam diri anda jika sewaktu-waktu anda menerima kejahilan mereka.

8. JANGAN TERLALU BANYAK BICARA
Pada hari pertama, yang terbaik adalah untuk menutup mulut anda dan mendengarkan apa yang dikatakan orang lain. Jangan memulai percakapan, sehingga akan membuat anda terkesan cerewet dan mengganggu orang di sekitar. Pastikan juga anda tidak mengungkapkan terlalu banyak informasi tentang diri anda, karena anda belum terlalu mengenali pribadi masing-masing apalagi sampai membual tentang diri anda dan prestasi anda.

9. JANGAN MALU BERTANYA
Jika ada pekerjaan yang tidak dipahami, jangan malu dan takut untuk bertanya kepada rekan kerja senior atau atasan di kantor. Berusahalah untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan nyaman dengan cara berdiskusi kepada atasan atau rekan kerja mengenai masalah pekerjaan yang anda hadapi dan mencari jalan keluar secara bersama. Hal ini penting untuk dilakukan agar anda mendapatkan kepercayaan diri untuk terus belajar dan menyadari apa yang seharusnya dilihat untuk ke depannya. Baik itu peran dan tanggung jawab atas pekerjaan.

10. SELESAIKAN TUGAS DENGAN CEPAT
Jika hari pertama anda langsung diberikan pekerjaan, usahakan untuk secepatnya menyelesaikannya, Jangan langsung mengeluh jika diberikan sebuah pekerjaan, tunjukkan minat anda dan tanamkan langsung rasa cinta pada pekerjaan sejak hari pertama.

Itulah hal-hal yang perlu anda perhatikan pada hari pertama bekerja yang di kutip dari forum semoga bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya. Semoga kesuksesan menyertai kita semua.

Reactions:

1 comments:

  1. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang apa yang harus dilakukan saat pertama kali masuk kerja berikut artikel adalah artikel yang terkait tersebut di http://www.temakita.com/yang-dilakukan-saat-hari-pertama-kerja-agar-sukses

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya, kita saling membantu saja…,, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

    ReplyDelete