5/13/2011

tips & Trik membuat alasan ketika ketahuan nyontek

http://3.bp.blogspot.com/-HuJH0WV3Fz0/Tb1OaEanEFI/AAAAAAAAESc/YZc7Sz_AKY0/s1600/cara+mencontek.jpeg

Kamu mempunyai hobby nyontek? Jika iya, inilah tips gokil saat kamu ketahuan nyontek. Kalau kamu mau menirunya, ya gak bakal dipenjara, n kalau kamu gak mau niru juga gak bakal ada ruginya. Yang pasti, ini hanya buat fun aja koq, sekaligus inspirasi bagi kamu yang punya hobby mencontek.


Nyontek merupakan sikap atau prilaku yang menginginkan hasil optimal, tanpa harus bersusah payah dan sering kali dipahami sebagai pecundang. Biasanya, nyontek dilakukan oleh para siswa atau mahasiswa yang sedang mengerjakan soal ujian, dan yang bersangkutan tidak mempersiapkan penguasaan bahan/materi pelajaran yang memadai dengan berbagai alasan.

Mereka menyontek pekerjaan temannya yang dianggap lebih pintar atau mengerjakan soal dengan jawaban yang dilihatnya dari catatan yang sudah dipersiapakan. Catatan ini bisa berupa apa saja, buku-buku, atau catatan kecil lainnya yang biasanya disembunyikan di suatu tempat agar tidak ketahuan.

Anak sekolah/mahasiswa yang menyontek biasanya menempati posisi yang ‘aman’ dari pengawas ujian. Biasanya di barisan belakang, atau yang terhalang oleh pengawas. Makanya, ada juga istilah yang cukup beken, yaitu ‘posisi menentukan prestasi’. Istilah ini jangan-jangan merupakan metafora yang diambil dari pola kekuasaan dan jabatan di negeri kita saat ini, yang mana posisi jabatan seseorang sangat berpengaruh dan menentukan terhadap kekayaan pejabat tertentu.

Tips ini diperuntukkan buat kamu yang hobby sekali "coka" alias nyontek. Namun buat yang tidak hobby, mending tidak usah mengikuti dan tinggalkan segera tips ini, karena bisa-bisa kamu bakal addict sehabis mencobanya.

Jika kamu ketahuan saat nyontek, maka ikutilah saran-saran jitu berikut ini :


1. Stay Cool

Semua perjuangan kamu akan sia-sia tanpa rasa percaya diri dan berani mati. Sebagai tukang nyontek sejati, kamu harus tetap stay cool saat ketahuan nyontek. Jangan tunjukkan bahwa kamu sudah dikalahkan oleh sang PENGAWAS (apalagi bapak-bapak yang punya kumis tebal), kurangi gerak-gerik yang mencurigakan, jangan berkeringat berlebihan (nanti bisa membuat seisi kelas mencium bau badan kamu, Bahaya!)


2. Jaga Sorot Mata

Saat sang PENGAWAS menatap mata kamu, tatap balik matanya! Jangan tunjukkan sedikitpun perasaan gentar dan takut ataupun merasa kalah dari mata kamu, anggap saja dia hanya menggertak. Ingat sekali lagi, menggertak! Tunjukkan bahwa kamu adalah orang yang gak tau malu sama sekali, yang meski udah ketahuan tapi tetep sotoy.


3. Buang Barang Bukti

Kalo kamu suka baca buku detektif, pasti sudah ngerti sama hal ini. Buang semua barang yang nantinya bisa memberatkan persidangan kamu, seperti contekan kecil yang mungkin kamu sembunyikan. Kalau kamu mencontek dari HP, hapus SMS contekan yang kamu dapatkan dari teman, atau hapus file yang berisi contekan lainnya, atau dalam keadaan terdesak dimana PENGAWAS mendatangi kamu banting HP-nya!

Dalam situasi ini, PENGAWAS akan kaget saat melihat orang aneh yang tiba-tiba sok membanting HP-nya sendiri (apalagi HP-nya BlackBerry), manfaatkan situasi ini untuk membuat alibi, seperti HP kamu licin kena kecap (emang ada kecap waktu ujian? suka asal, dech!).


4. Selalu Cari Kambing Hitam

Maksudnya bukan kamu bener-bener cari kambing, yang warna hitam pula. Tips ini sangat jitu dan berlaku apabila kamu ketahuan kerjasama, atau saat kamu sudah tidak bisa berpikir lagi, maka berniatlah dengan sungguh-sungguh untuk menjatuhkan orang lain. Jangan takut berdosa melakukannya (kamu nyontek aja itu dach dosa!).

Saat ketahuan kerjasama, selalu buat alibi yang memberatkan partner nyontek kamu, jatuhkan kesalahan padanya, dan buat seakan-akan dia adalah orang yang memaksa kamu jadi nyontek. Cara kambing hitam ini juga bisa dipakai untuk mengalihkan perhatian PENGAWAS, contohnya yaitu pada kasus berikut :

(pengawas melihat Budi yang gerak-geriknya mencurigakan dan berniat mendatanginya)

Budi : (sadar kalau diperhatikan pengawas) "Woi Rudi! Aialan loe! Nyontek gw, ya!!"
Rudi : (kaget) "Ha...??"
Budi : "Pak pengawas, Rudi nyontek, pak!!!"
Rudi : "WTF...!!!"

Ini adalah trik bejat, kotor, keji, tidak kenal yang namanya moral, tidak berperikemanusiaan, namun dijamin jitu!!! Pastinya.


5. Taktik All For One And One For All

Taktik ini digunakan oleh pasukan khusus Three Musketeers di zaman kerajaan Louis, Perancis, di era 1700-an. Kamu bisa mengimplementasikan taktik ini, saat kamu sudah ketangkap basah nyontek,0 namun gak mau dihukum sendirian.

Caranya adalah panggil nama teman kamu secara asal-asal yang ada diruangan ujian bersama kamu, lalu bilang ke pengawas kalo dia juga nyontek, supaya dia juga dihukum bareng sama kamu.


6. Taktik Distraction

Sebenarnya taktik ini sudah dibahas di bagian sebelumnya, dimana contohnya adalah banting barang bukti HP, supaya perhatian PENGAWAS teralihkan. Kunci dari taktik ini adalah koordinasi waktu yang Tepat! Jangan sampai telat atau pun terlalu dini dalam mengeluarkan tipuan. Ingat, harus Tepat! Contoh pengalihnya, yaitu :

- Banting Hp,
- Tusuk urat nadi dengan pulpen/pensil (supaya dikira epilepsi),
- Beranjak dari kursi lalu menari gak jelas (biar disangka kesurupan),
- Pingsan (you know what-lah),
- Tusuk mata dengan serutan pensil (tidak dianjurkan),
- Makan penghapus (cari penghapus yang lulus dari tinjauan DepKes dan sudah bersertifikat SNI)


7. Tips Terakhir

Tips terakhir ini adalah tips yang paling disarankan sekali, karena ini yang paling tipikal dan paling manjur. Banyak orang yang sudah berhasil menggunakan cara ini, karena mudah, pas, efisien, dan gak banyak syaratnya. Bisa dilakukan oleh semua umur, kalangan, dan gak perlu pula bimbingan orangtua. Nah, yang harus kamu lakukan adalah PASRAH.


Demikian tips ketahuan nyontek ini. Sekali lagi, ini cuma buat fun aja dan sangat tidak dianjurkan untuk melakukan hal ini. Nantikan tips lain berikutnya pada artikel selanjutnya. Have fun!


Reactions:

0 comments:

Post a Comment