12/09/2011

Alasan mengapa Pelangi berbentuk melengkung

http://1.bp.blogspot.com/-rHb-vkuL4MI/Tdut5Yn485I/AAAAAAAAACA/pxGvGWbTkXQ/s1600/exp-rainbow-main.jpg

Mungkin Anda bertanya-tanya di dalam hati, "Kenapa sich Pelangi melengkung?" Kenapa tidak persegi atau jajaran genjang atau yang lainnya?

Pada suatu ketika, di hari yang menyenangkan sehabis turunnya hujan, Pelangi muncul di langit dengan sangat indahnya dan sedang memanjakan mata kita. Di langit yang masih sejuk akibat tetesan hujan, sungguh sangat membuai hati kita menjadi damai.

Tapi pernahkah Anda berpikir, "Mengapa pelangi yang indah itu melengkung?"

Titik-titik hujan membiaskan cahaya tampak dan membuat cahaya putih tersebut terpisah menjadi tujuh warna penyusunnya. Merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu yang merupakan warna-warna penyusun warna putih.

Dan ternyata, untuk melihat pelangi yang indah berwarna-warni itu, terdapat berbagai syarat.

Syarat pertama, ialah kita harus membelakangi sumber cahaya saat melihat pelangi. Dalam hal ini, sumber cahaya yang dimaksud ialah matahari.


Syarat kedua, ini adalah penyebab mengapa pelangi melengkung, yaitu kita harus melihat pelangi dari sudut sekitar 40 derajat. Selain dari sudut ini, maka pelangi tidak akan terlihat dengan baik.

Oleh karena itulah sebabnya, mengapa pelangi terlihat melengkung di langit yang luas. Bayangkanlah dan Anda pun akan mengerti.


Reactions:

0 comments:

Post a Comment