12/14/2011

Tentang Slank "PLUR"

Slank Ceria

PLUR adalah salah satu judul ALBUM dari lagu Grup musik Rock SLANK.Dan kata" Plur saat ini udah menjadi selogan dan prinsip oleh anak" Slank dan slankers(sebutan fans fanatik slank).Sebenarnya apa sich arti dari kata P.L.U.R itu?.Mungkin itu pertanyaan yang ada di pikiran orang" selain anak" slankers.Nah pada postingan kali ini,ane akan coba membahas kata PLUR ini dg bahasa dan sepengetahuan gw sendiri.Maaf sebelumnya,gw bukan mau menggurui ente" smua yg lagi baca postingan ini,tapi ane hanya mau mengajak dan membahas sama"..:)
PLUR adalah sebuah singkatan dari kata Peace,Love,Unity & Respect.Kenapa gw tau ini,karena gw punya kaset asli album slank yg ini.Dan gw juga sering dengerin lagu ini,dan dalam lagu slank itu gw jadi tau,bahwa arti PLUR yg di lagu Slank itu adalah Peace,Love,Unity & Respect..Kalo di translate ke bahasa indonesia menjadi Damai,Cinta,bersatu dan menghargai.
Seperti biasanya Slank dalam membuat suatu lagu slalu ada pesan pesan moral di dalamnya untuk para slankers atau orang",walaupun kalo di lihat dari penampilan,personil dari grup slank ini sangat slengean dan rocker abis,tapi bukan berarti jiwa mereka demikian,bnyak yang mengakui bahwa hasil karya musik slank sangat bagus dan bnyak di sukai.Dari mulai kalangan orang kecil,sampe selebritis bnyak menyukai karya slank,yg tampil apa adanya,polos dan jujur.
Kembali lagi ke kata PLUR..Dalam lagu ini Slank mencoba memberikan pesan moral kepada yang mendengarnya melalui karya musik ala mereka.
Yang Pertama yaitu kata 'PEACE' yg berarti Damai.Pada saat lagu ini di buat, di negeri ini lagi rame"nya perang antara GAM(Gerakan Aceh Merdeka) dan TNI(Tentara Negara Indonesia),entah apa yang d perebutkan oleh mereka?Padahal kan sama" ada di negara Indonesia tercinta,tapi mereka suka banget tembak"an,bunuh"an,padahal kan lebih enak damai,tentram..'hidup tenang gak ada perang,makan kenyang ngapain ribut?'..Hehe.
Nah dengan kata Peace ini,slank lewat karya mereka menyerukan kepada seluruh rakyat indonesia dari sabang sampai meroke untuk selalu damai,hentikan tembak"an.Kita harus ingat lagi dengan kata "Bhineka Tunggal Ika,Berbeda beda tetapi Satu tujuan" yaitu untuk menjaga utuh Negara kesatuan Republik Indonesia..
Nah yang kedua adalah kata 'LOVE' yang berarti 'CINTA',Dengan kata Cinta ini bukan berarti cinta hanya sama pacar dan pasangan hidup saja ya,Tapi Cinta ini yang berarti luas yaitu mencintai sesama manusia,mencintai alam dan mencintai hewan.Karena kita selaku manusia harus tahu bahwa kita hidup di dunia membutuhkan alam yang indah,yang sehat,yang bersahabat.Begitupun dengan hewan,manusia sangat membutuhkan kedua hal tsb selama hidup di dunia,makanya dari itu 'CINTA' dalam lagu slank itu mengajak kita untuk selalu mencintai sesama manusia,alam dan makhluk lain,karena kita sama" ketergantungan.Pasti agan" ngerti dg maksud ane tsb.
Nah yang ketiga adalah kata "UNITY"yg berarti BERSATU.bukan kah dulu bangsa kita pernah terpecah belah karena di adu domba oleh kumpeni,dan kita selama kurang lebih 350 tahun kita di jajah oleh belanda.Tapi dengan kembalinya rakyat indonesia bersatu akhrnya bangsa penjajah bisa di usir dari ibu pertiwi,dan bangsa kita Merdeka sampai saat ini.Nah dalam kata Unity ini,SLANK memberikan pesan kepada seluruh rakyat indonesia untuk selalu bersatu,biar negara kita tidak kembali di jajah.
Dan yg keempat adalah "RESPECT" yg berarti MENGHARGAI..Negara kita adalah negara kepulauan yang terbentang dari Sabang sampe Meroke.
Negara kita terbentuk dari bermacam macam adat istiadat,suku dan agama,yang bersatu di bawah naungan Pancasila Dan Bhineka Tunggal Ika,berbeda beda tetapi 1 tujuan..maka dengan kata Respect Yg di maksud di lagu slank tsb,slank mengajak kita untuk slalu menghargai perbedaan yang ada.Karena kita smua ini saudara dan tujuan kita sama yaitu INDONESIA.
Jadi lewat karya musik mereka,Slank mengajak kepada kita untuk selalu menjaga rasa damai di kehidupan kita dengan cara mencintai sesama tak memandang suku,ras ataupun agama agar kita selalu bersatu dan saling menghargai satu sama yang lainnya di negara kesatuan Republik indonesia yg kita cintai ini,yang dulu di perjuangkan oleh para pahlawan dengan taruhannya nyawa,kemerdekaan ini bukan hadiah atau hibah.
Nah itu arti Kata PLUR yang ada di lagunya SLANK menurut ane..Dan mudah"an PLUR Yang di bikin lagu sama SLANK juga mempunyai arti dan tujuan yang sama,walau gak sama percis ya sedikit sama jg gak apa",yang penting artinya sama" positip..Kagak negatip.
Nah kalo menurut ente" apa arti PLUR itu?Silahkan share di koment aja ya,.Thx buat sudah baca.Salam PLUR slalu.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment